Percaya diri saat presentasi terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Banyak sekali hal yang akan membuat kamu kesulitan untuk berbicara di depan umum. Tapi ketahuilah bahwa itu semua hanya terjadi di awal saja. Jika kamu sudah berlatih dan terbiasa dengan semua itu, maka presentasi tidaklah menakutkan seperti yang kamu bayangkan. Pengetahuan mengenai public speaking semacam ini juga sangatlah penting untuk menunjang karirmu kelak di masa mendatang. Mau tahu seperti apa cara supaya bisa percaya diri saat presentasi? Berikut yang perlu anda lakukan:

 

Selalu Berpikir Positif

Tips Mahasiswa Supaya Percaya Diri Saat Presentasi

umg.ac.id

Satu hal yang bisa meningkatkan percaya diri saat presentasi adalah dengan selalu mengutamakan pikiran yang positif dalam diri. Tak perlu cemas orang lain akan menertawakan kamu ketika melakukan presentasi. Tak perlu khawatir dengan orang yang ada di depan kamu. Buang jauh-jauh rasa kekhawatiran yang tidak beralasan ini dan ganti semua itu dengan pikiran yang positif dalam diri sendiri. Jika kamu sudah bisa membuang jauh pikiran negatif dalam diri sendiri, maka kamu akan bisa memukau semua orang dengan presentasi yang dilakukan.

 

Audience Berharap Kamu Sukses

Tips Mahasiswa Supaya Percaya Diri Saat Presentasi

umg.ac.id

Percaya atau tidak, semua orang yang ada di hadapan kamu pasti menginginkan kamu untuk sukes dalam melakukan presentasi. Mereka menantikan kamu mengerahkan kemampuan terbaik dalam public speaking tersebut. Jika sudah demikian, kamu bisa mencoba untuk sukses dengan cara dan penerapan yang tepat didalamnya. Kamu bisa menjawab harapan mereka tersebut dengan mengutamakan presentasi yang terbaik dan memuaskan bagi audience.

 

Mau tau keunggulan apa saja di kampus UMG? Ada beasiswa bidik misi, informasi lengkap tentang PNS, edukasi tentang entrepreneurship, online class dan lingkungan kampus yang ramah dan islami. Klik Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG untuk selengkapnya.

 

Body Language Untuk Meningkatkan Percaya Diri

Tips Mahasiswa Supaya Percaya Diri Saat Presentasi

umg.ac.id

Satu hal yang pasti, ketika kamu ingin percaya diri saat presentasi, maka pastikan bahwa kamu menerapkan Body Language yang tepat. Dengan adanya body language yang tepat inilah kamu akan bisa menyalurkan segala bentuk energi positif yang ada dalam diri, dan kemudian menghilangkan rasa gugup yang menyelimuti. Di sinilah semua itu akan berperan sangat penting dalam membuat presentasi yang dilakukan menjadi sukses.

 

Berlatih Sebelum Presentasi

Tips Mahasiswa Supaya Percaya Diri Saat Presentasi

umg.ac.id

Tak ada yang lebih menyenangkan ketimbang berlatih terlebih dahulu sebelum presentasi. Dengan berlatih, maka setidaknya kamu akan mengingat step by step yang akan dilakukan pada saat berbicara di depan umum tersebut. Dengan memahami step by step dalam presentasi inilah kamu akan bisa mengingat apa saja hal yang akan kamu jelaskan dalam presentasi itu sendiri. Kamu juga akan memiliki pengalawan awal bagaimana hasil presentasi yang dilakukan sebelum menampilkannya ke publik.

 

Berdoa Sebelum Presentasi

Tips Mahasiswa Supaya Percaya Diri Saat Presentasi

umg.ac.id

Kamu sudah berlatih dan mempersiapkan materi presentasi dengan baik. Tinggal take action saja. Oleh karena itu, kini giliran kamu untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan semoga presentasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan berdoa, maka batin akan terasa lebih tenang dan aura positif pun semakin berdatangan dari berbagai penjuru. Ini akan membuat kamu semangat dan percaya diri saat presentasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengisi Waktu Libur Lebaran Untuk Mahasiswa

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.