Maba yang merantau tentunya harus berjuang ekstra keras dalam menjalani dunia perkuliahan. Ada beberapa persiapan yang harus diketahui di dalamnya. Dengan memahami persiapan tersebut, sudah pasti hal ini akan memberikan kepada ketika benar-benar tinggal di kota lain untuk kuliah. Perjuangan sebagai seorang mahasiswa memang tidak mudah, tapi percayalah dengan persiapan matang, maka kamu akan bisa menjalaninya dengan mulus. Terutama bagi mahasiswa baru yang benar-benar awam dengan suasana kota terbaru dan juga ingin beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

 

Selektif Memilih Kos Atau Kontrakan

Tips Untuk Maba Yang Merantau

umg.ac.id

Langkah pertama yang harus dilakukan Maba yang merantau ini adalah selektif dalam memilih kontrakan atau kos-kosan. Dengan selektif dalam memilih kontrakan tersebut, sudah pasti ada banyak manfaat yang akan bisa didapatkan didalamnya. Biaya kos atau kontrakan berbeda-beda dan tentu jika jeli maka kamu akan bisa mendapatkan pilihan tempat hunian yang bagus dan nyaman dengan harga yang tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak.

 

Mempunyai Kendaraan Pribadi

Tips Untuk Maba Yang Merantau

umg.ac.id

Selain itu, hal lain bagi Maba yang merantau yang juga harus dipertimbangkan adalah memiliki kendaraan pribadi. Dengan memiliki kendaraan pribadi, maka kamu akan bisa menjalankan rutinitas kemanapun dengan mudah, misalnya kerja part time, mengikuti acara kampus, pulang pergi kampus, dan lain sebagainya. Adanya kendaraan akan membuat kamu lebih fleksibel dalam menjalani dan melakukan semuanya.

 

Mau tau keunggulan apa saja di kampus UMG? Ada beasiswa bidik misi, informasi lengkap tentang PNS, edukasi tentang entrepreneurship, online class dan lingkungan kampus yang ramah dan islami. Klik Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG untuk selengkapnya.

 

Rekening Pribadi Untuk Biaya Hidup Bulanan

Tips Untuk Maba Yang Merantau

umg.ac.id

Lalu yang tak kalah pentingnya bagi Maba yang merantau adalah memiliki rekening pribadi yang nantinya bisa digunakan untuk biaya hidup bulanan. Dalam hal ini biaya hidup bulanan memang ada banyak jenis dan pilihannya. Adanya rekening pribadi akan membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan baik. Kamu juga akan bisa mengambil uang untuk kebutuhan darurat dengan lebih mudah dan cepat. Semua rutinitas kuliah yang dijalani pun juga akan menjadi lebih mudah terlaksana.

 

Mempunyai Laptop

Tips Untuk Maba Yang Merantau

umg.ac.id

Laptop adalah sebuah benda berharga penting yang juga sebaiknya dimiliki Maba yang merantau. Pasalnya, ada banyak tugas kuliah yang harus dihadapi. Tidak mungkin jika hanya mengandalkan mengerjakan tugas di rental atau semacamnya. Dengan adanya laptop maka setidaknya, ada solusi yang akan bisa didapatkan ketika ada tugas urgent dan kamu benar-benar harus cepat dan segera dalam mengerjakannya.

 

Menyiapkan Peralatan Penting Untuk Kos/Kontrakan

Tips Untuk Maba Yang Merantau

umg.ac.id

Beberapa hal lain yang juga sebaiknya dipertimbangkan untuk dimiliki adalah menyiapkan sejumlah peralatan penting untuk kos atau kontrakan itu sendiri, misalnya adalah pakaian yang cukup, tas untuk bepergian, dan juga beberapa alat untuk menyimpan benda berharga. Ini akan membuat kamu bisa lebih nyaman ketika tinggal atau berada di tempat hunian yang suasananya jelas berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Sudah siap untuk kuliah di luar kota? Jangan lupa menerapkan persiapan di atas ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengisi Waktu Libur Lebaran Untuk Mahasiswa

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.