Cara mengatasi malas kuliah memang menjadi sesuatu yang terkadang tak terhindarkan. Banyaknya tugas, kesulitan dalam menyerap materi, banyaknya interupsi, dan lain sebagainya. Dengan memahami itu semua, maka malas kuliah akan bisa terhindarkan. Selain itu, kamu juga tidak sepatutnya untuk malas kuliah karena tak terhitung pula berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan untuk biaya kuliah. Belum lagi tenaga dan perjuangan yang harus kamu kerahkan. Jadi malas kuliah benar-benar harus dihindari sejak dini. Berikut adalah beberapa cara mengatasi malas kuliah tersebut:

 

1. Tidak Semua Orang Bisa Kuliah

Cara Mengatasi Sikap Malas Kuliah

umg.ac.id

Ini adalah sebuah pemahaman dasar yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya tidak semua orang bisa kuliah. Kuliah hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu yang beruntung memiliki kesiapan dan juga dana mencukupi. Kalau sudah demikian, masihkah kamu akan berpikir untuk malas dalam kuliah. Pikirkan lagi, karena pada dasarnya kamu harus tetap berjuang untuk melanjutkan kuliahmu dengan penuh semangat. Kamu patut untuk bersyukur bahwa kamu bisa melakukan semuanya dengan lancar.

 

2. Sejak Awal Pilihlah Jurusan Yang Tepat

Cara Mengatasi Sikap Malas Kuliah

umg.ac.id

Cara mengatasi malas kuliah adalah dengan sejak awal memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Jadi jangan pernah memilih jurusan yang jauh dari apa minat yang kamu sukai. Misalnya kamu suka sekali di bidang IT, tapi kamu malah memilih jurusan Sastra Inggris atau Pendidikan yang jelas-jelas melenceng sekali dengan bidang yang kamu suka tersebut. Jika sudah suka dengan IT sejak awal, maka kamu wajib untuk memilih pilihan jurusan yang sesuai dengan pilihan tersebut.

 

Mau tau keunggulan apa saja di kampus UMG? Ada beasiswa bidik misi, informasi lengkap tentang PNS, edukasi tentang entrepreneurship, online class dan lingkungan kampus yang ramah dan islami. Klik Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG untuk selengkapnya.

 

3. Selalu Sabar Dan Tegar Menghadapi Semuanya

Cara Mengatasi Sikap Malas Kuliah

umg.ac.id

Terkadang malas timbul ketika suasana dan gaya hidup yang ada di kampus tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika sudah demikian, maka kamu memang sejak awal harus memiliki keteguhan hati dan juga ketegaran yang kuat. Kamu juga harus mampu melakukan penyesuaian terhadap gaya belajar dan juga rutinitas yang ada di lingkungan kampus. Dengan cara ini maka kamu akan bisa dengan mudah menghadapi semuanya yang diinginkan.

 

4. Selektif Dalam Memilih Teman

Cara Mengatasi Sikap Malas Kuliah

umg.ac.id

Cara mengatasi malas kuliah juga sebaiknya diterapkan dalam pemilihan teman di kampus yang tepat. Pada dasarnya memang banyak pilihan teman yang akan kamu temukan di kampus. Mereka juga memiliki karakter dan juga sifatnya masing-masing. Apabila sudah demikian, maka sebaiknya yang harus kamu lakukan adalah benar-benar memilih teman yang memberikan dampak positif dan berjuang maksimal dalam kuliah itu sendiri. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa kamu terapkan.

 

5. Bisa Me-Manage Waktu Dengan Baik

Cara Mengatasi Sikap Malas Kuliah

umg.ac.id

Cara mengatasi malas kuliah yang tak kalah penting adalah memahami bagaimana cara melakukan time management dengan baik. Kamu harus bisa membagi waktu dengan baik untuk bermain game, bergaul dengan teman-teman, dan juga untuk hal-hal lainnya. Ini akan membuat waktu kuliah tidak banyak terbuang dan juga membuat kamu lebih mudah meraih hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 4 Cara Membagi Waktu Dengan Baik Antara Kuliah Dan Kerja

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.