Manfaat puasa bagi mahasiswa tak bisa dipungkiri tentu saja ada banyak sekali. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan, tentu saja akan banyak manfaat yang akan bisa didapatkan didalamnya. Pada dasarnya, puasa Ramadhan adalah sebuah ibadah wajib yang harus dilakukan umat islam di bulan Ramadhan. Tentu dibalik itu semua ada hikmah dan manfaat tersembunyi yang bisa didapatkan dari menunaikan ibadah yang satu ini, tak terkecuali bagi para mahasiswa juga akan bisa ikut serta mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaatnya tersebut?

1. Membakar Racun Yang Ada Dalam Tubuh

5 Manfaat Puasa Bagi Mahasiswa

umg.ac.id

Dengan berpuasa, maka akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menghancurkan segala jenis racun yang tersimpan dalam lemak. Saat seseorang berpuasa, maka segala macam lemak yang ada didalamnya akan dibakar habis tak bersisa. Nantinya organ yang akan terlibat dalam pelepasan racun tersebut antara lain adalah hati, ginjal, dan juga sejumlah organ tubuh lainnya yang ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau dicemaskan lagi.

 

2. Bisa Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

5 Manfaat Puasa Bagi Mahasiswa

umg.ac.id

Manfaat puasa yang akan bisa didapatkan adalah bisa mengistirahatkan sistem pencernaan dengan mudah. Sebagaimana diketahui bahwa sistem pencernaan yang ada pada tubuh sangat berperan besar fungsinya dalam rangka menyeimbangkan tubuh agar bisa tetap sehat. Apabila kita berpuasa, maka hal tersebut akan memberikan keseimbangan cairan dalam tubuh yang lebih baik, serta membuat sistem pencernaan bisa beristirahat sejenak didalamnya. Yang pada akhirnya nanti akan membuat tubuh menjadi lebih sehat pastinya.

 

Mau tau keunggulan apa saja di kampus UMG? Ada beasiswa bidik misi, informasi lengkap tentang PNS, edukasi tentang entrepreneurship, online class dan lingkungan kampus yang ramah dan islami. Klik Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG untuk selengkapnya.

 

3. Menghindarkan Tubuh Dari Peradangan

5 Manfaat Puasa Bagi Mahasiswa

umg.ac.id

Manfaat puasa bagi mahasiswa yang selanjutnya adalah mampu menghindarkan tubuh dari masalah peradangan. Sebagaimana yang diketahui bahwa ada banyak sekali radikal bebas yang ada di luar sana yang bisa berpengaruh signifikan pada tubuh. Terutama mahasiswa yang sangat aktif dan selalu pergi ke kampus setiap harinya. Dengan berpuasa, maka hal tersebut secara tidak langsung akan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari aneka jenis peradangan akibat radikal bebas tersebut. Serta untuk jangka panjang bisa membuat tubuh lebih sehat.

 

4. Bisa Mengurangi Gula Darah

5 Manfaat Puasa Bagi Mahasiswa

umg.ac.id

Dampak lainnya yang nantinya akan bisa didapatkan adalah mengurangi kadar gula dalam darah. Dengan cara tersebut secara tidak langsung akan mencegah timbulnya serangan diabetes yang sangat merugikan bagi tubuh. Dengan cara inilah maka proses perlindungan tubuh akan bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Tentu saja kamu tidak ingin menderita diabetes atau hipertensi di usia muda, kan?

 

5. Diet Sehat Dan Menurunkan Berat Badan

5 Manfaat Puasa Bagi Mahasiswa

umg.ac.id

Manfaat puasa bagi mahasiswa sudah pasti adalah bisa menurunkan berat badan dengan signifikan. Sekaligus ini akan menjadi momen yang tepat untuk menerapkan sebuah diet sehat yang terbaik didalamnya. Saat berbuka nanti, kamu pun juga disarankan untuk berbuka dengan buah-buahan serta air yang menyehatkan didalamnya.

Baca Juga: 5 Orang Yang Wajib Kamu Datangi Untuk Saran Memilih Jurusan Kuliah

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.