Dalam kondisi tertentu, kamu pasti tidak bisa menghindari terlambat menghadiri mata kuliah, entah itu karena jalan macet, sakit, atau ada urusan penting yang tidak bisa ditinggal. Tapi ada kalanya terlambat menghadiri mata kuliah ini terjadi karena hal-hal yang sepele, seperti ketiduran, bermalas-malasan dan lain sebagainya. Jika hal semacam itu terus menghantuimu dan membuat kuliah berantakan, maka sudah saatnya untuk melakukan sesuatu! Kamu wajib untuk menerapkan langkah yang tepat agar tidak sampai terlambat menghadiri mata kuliah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

 

1. Set Alarm Kamu Rutin Setiap Hari

4 Cara Agar Tidak Terlambat Menghadiri Mata Kuliah

umg.ac.id

Selain memastikan bahwa alarm kamu akan berbunyi dengan baik pada waktunya, kamu juga harus set alarm tersebut supaya rutin bisa berbunyi setiap hari. Dengan cara demikian, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa kamu dapatkan nanti didalamnya. Kamu akan bisa bangun dengan tepat waktu berkat alarm tersebut. Selain itu, kamu juga akan bisa menghindari terlambat masuk kuliah. Pasalnya, beberapa dosen tidak memberikan ampun kepada mahasiswanya yang telat. Sekali telat, maka tidak diperkenankan ikut perkuliahan pada satu pertemuan tersebut.

 

2. Datang Kuliah Lebih Awal

4 Cara Agar Tidak Terlambat Menghadiri Mata Kuliah

umg.ac.id

Kenapa harus datang mepet kalau kamu bisa datang lebih awal? Ini adalah hal terpenting dalam solusi terlambat menghadiri mata kuliah. Kenapa? Karena kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk datang terlalu dekat dengan jam perkuliahan, sehingga pada saat terjadi kendala di tengah jalan, atau ada halangan lain, ini akan mengakibatkan mereka terlambat saat masuk kuliah.

 

Mau jadi mahasiswa baru UMG atau mendapat beasiswa dari UMG? Silahkan berkunjung ke halaman Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG berikut ini.

 

3. Jangan Suka Begadang Melakukan Hal Kurang Produktif

4 Cara Agar Tidak Terlambat Menghadiri Mata Kuliah

umg.ac.id

Yang pasti, kamu juga dilarang begadang melakukan hal-hal yang merugikan waktumu. Pada dasarnya, besok kamu akan kuliah di pagi hari jam 7.30. Tapi kamu begadang main game online, atau sosmed ria sampai jam 2.00 malam. Jelas ini akan membuatmu langsung berpotensi bangun kesiangan. Kalau sudah demikian, kuliahmu pun juga akan berantakan nantinya. Tentunya hal ini pun juga akan berpengaruh signifikan terhadap hal-hal lainnya antara lain kesehatan dan daya tahan tubuh mudah menurun karena kamu keseringan begadang ini.

 

4. Jika Kamu Bekerja Part Time, Buat Manajemen Waktu Yang Tepat

4 Cara Agar Tidak Terlambat Menghadiri Mata Kuliah

umg.ac.id

Hal lain yang membuat seorang mahasiswa rentang terlambat menghadiri mata kuliah adalah tidak punya manajemen waktu yang tepat, khususnya bagi mereka yang bekerja sembari kuliah. Mereka bisa meluangkan waktu untuk bekerja, tapi untuk kuliah, semuanya menjadi berantakan. Dari sini kamu harus tahu bahwa skala prioritas yang nomor satu tetap adalah kuliah. Untuk itu, agar kamu bisa menyusun manajemen waktu yang tepat, kamu harus tetap mengutamakan kuliah di atas segalanya. Dengan cara ini maka kuliahmu pun juga akan tetap aman, dan kamu tidak terlambat-terlambat lagi.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Mata Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mau SKS-an

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.