Titip absen selama kuliah menjadi sebuah fenomena yang banyak dilakukan oleh mahasiswa. Kamu harus berupaya semaksimal mungkin untuk menghindari hal ini. Kenapa? Karena pada dasarnya kuliah itu sendiri sangat penting demi masa depan. Belum tenaga dan biaya yang harus kamu kerahkan untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah tersebut. Jadi jangan menyia-nyiakan waktu kuliahmu dengan cara titip absen semacam ini. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu dilarang titip absen selama kuliah.

 

1. Kalau Ketahuan, Dosen Akan Selalu Mengingat Namamu

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Titip Absen Selama Kuliah

umg.ac.id

Ada kalanya dosen akan mengabsen mahasiswanya secara rinci satu per satu. Jika nanti diketahui ada mahasiswa yang titip absen selama kuliah, maka ini bisa menjadi malapetaka. Namamu akan terus diingat oleh dosen sebagai mahasiswa yang malas dan tidak disiplin saat kuliah. Hal ini tentunya akan sangat berisiko sekali nantinya. Jika dosen selalu ingat dengan namamu, maka kamu pun juga akan kesulitan mendapatkan nilai yang bagus nantinya.

 

2. Membuatmu Terbiasa Bermalas-Masalan

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Titip Absen Selama Kuliah

umg.ac.id

Dampak buruk dari titip absen selama kuliah adalah membuat kamu menyepelekan dan terbiasa bermalas-malasan selama kuliah. Padahal itu tidak boleh dilakukan karena sejatinya kuliah adalah sebuah tanggung jawab penting yang harus kamu hadapi. Jika sudah demikian, maka kamu akan menjadi mahasiswa yang tak tahu bagaimana caranya menjadi sosok yang disiplin dalam segala hal.

 

Mau jadi mahasiswa baru UMG atau mendapat beasiswa dari UMG? Silahkan berkunjung ke halaman Pendaftaran Mahasiswa Baru UMG berikut ini.

 

3. Berpengaruh Dalam Dunia Kerja Setelah Lulus Kuliah

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Titip Absen Selama Kuliah

umg.ac.id

Karena ketidakdisiplinan yang kamu tanamkan selama kuliah inilah nantinya juga akan berpengaruh pada dunia kerjamu. Jadi setelah lulus kuliah dan berada di dunia kerja, kamu akan terbiasa untuk menyepelekan segalanya. Tentu saja ini akan membuat jenjang karir i dunia kerja nantinya juga kurang bagus. Kamu akan kesulitan dalam melatih diri untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi ke depannya nanti.

 

4. Merepotkan Teman Kuliahmu Sendiri

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Titip Absen Selama Kuliah

umg.ac.id

Sadarkah kamu bahwa saat titip absen selama kuliah itu, kamu telah merepotkan teman kuliahmu sendiri? Apa jadinya jika mereka harus dihukum oleh dosen gara-gara membantumu untuk melakukan titip absen? Ini adalah sesuatu yang wajib dan harus kamu pikirkan baik-baik. Bagaimana jika kamu berada di posisi mereka? Seberapa besar beban psikologis yang harus kamu hadapi ketika berbuat seperti itu?

 

5. Membiasakan Budaya Yang Ditiru Mahasiswa Lain

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Titip Absen Selama Kuliah

umg.ac.id

Titip absen selama kuliah juga akan memberikan dampak budaya yang kurang baik. Sejumlah mahasiswa akan meniru hal yang sama, dan kamu secara tidak langsung mengajarkan mereka untuk meremehkan kuliahnya. Padahal, ini adalah sesuatu yang sangat penting demi keberlangsungan masa depan. Jika kamu memang ingin mencontohkan sesuatu kepada mahasiswa lain, maka contohkanlah sesuatu yang baik. Jangan sesuatu yang buruk semacam itu.

Baca Juga: 5 Orang Yang Wajib Kamu Datangi Untuk Saran Memilih Jurusan Kuliah

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.