Tips memilih mata kuliah menjadi sebuah prioritas ketika kamu akan melakukan SKS-an. SKS merupakan kepanjangan dari Sistem Kredit Semester. Dimana dalam hal ini kamu harus menentukan berapa SKS yang nantinya akan diambil dalam satu semester. Kamu juga harus tahu berapa minimum jumlah yang harus dipenuhi dalam SKS tersebut supaya bisa lulus kuliah. Tentu saja karena ini adalah momen yang krusial, sebaiknya kamu jangan sampai salah dalam memilih pilihan mata kuliah yang akan diambil nantinya. Dengan tidak salah dalam memilih mata kuliah, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa didapatkan.

1. Pastikan Mengutamakan Mata Kuliah Wajib

4 Tips Memilih Mata Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mau SKS-an 4

umg.ac.id

Hal terpenting dalam tips memilih mata kuliah ini adalah memilih mata kuliah yang wajib terlebih dahulu. Ini berarti juga kamu harus memprioritaskan mata kuliah tersebut. Dengan demikian, kamu akan bisa mendapatkan keringanan tanggung jawab ketika mata kuliah tersebut sudah selesai kamu jalani. Di semester berikutnya kamu bisa fokus pada pemilihan SKS untuk mata kuliah yang wajib berikutnya. Dengan memilih mata kuliah yang wajib, sudah pasti akan banyak yang bisa didapatkan.

2. Jika Ada Kuota SKS Lebih, Pilihlah Mata Kuliah Tambahan

4 Tips Memilih Mata Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mau SKS-an 1

umg.ac.id

Tips memilih mata kuliah saat SKS-an yang berikutnya adalah memilih mata kuliah tambahan yang disediakan oleh kampus. Kamu mungkin harus membayar kewajiban kamu seperti biaya SPP semester, uang gedung dan lain sebagainya. Pertanyaanya, apakah kamu akan membiarkan uangmu terpakai begitu saja, tanpa kamu menikmati fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak kampus, yakni mata kuliah tambahan? Ingatlah bahwa mata kuliah tambahan tersebut bisa menjadi sarana untuk meningkatkan wawasan dengan baik. Jadi kalau ada kuota SKS lebih dan bisa dimanfaatkan untuk mengambil mata kuliah tambahan yang tidak wajib, manfaatkanlah itu semua.

3. Kelebihan Kuota SKS Bisa Dipakai Untuk Mengambil Mata Kuliah Di Semester Berikutnya

4 Tips Memilih Mata Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mau SKS-an 4

umg.ac.id

Tips memilih mata kuliah yang tak kalah penting adalah memilih mata kuliah yang ada di tingkat semester berikutnya. Ini akan membuat kamu lebih ringan saat menghadapi mata kuliah di semester mendatang. Dengan memanfaatkan mata kuliah yang kamu ambil di semester berikutnya, maka beban kamu pun juga akan bisa lebih ringan. Nantinya kamu akan bisa lebih bersantai di semester akhir. Kamu mungkin nantinyaa harus bertemu dengan teman-teman dari kelas angkatan yang lebih tinggi. Tapi itu tidak masalah, yang penting kamu bisa cepat lulus dengan baik dan memuaskan.

4. Selalu Konsultasi Dengan Dosen

4 Tips Memilih Mata Kuliah Untuk Mahasiswa Yang Mau SKS-an 4

umg.ac.id

Tips memilih mata kuliah adalah dengan tak lupa untuk berkonsultasi dengan dosen tentang mata kuliah apa saja yang kamu pilih saat ini. Hal ini amat penting karena dosen akan membantu kamu untuk menentukan apakah mata kuliah yang diambil tersebut sudah sesuai dengan porsi yang dibutuhkan atau tidak. Selain itu, kamu juga akan bisa tahu apakah mata kuliah tersebut memiliki tingkat kesulitan yang setara dengan kemampuanmu atau tidak.

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.