Tips cepat diterima kerja bagi fresh graduate merupakan sesuatu hal yang penting untuk diterapkan. Pada dasarnya memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam rangka membuat pekerjaan datang menghampiri. Kamu juga harus mampu menunjukan apa yang kamu miliki, atau kemampuan apa yang bisa kamu berikan sebagai bentuk kontribusi kepada perusahaan. Tentu saja dengan adanya tips cepat diterima kerja berikut ini, kamu akan bisa lebih mudah dalam menentukan apa saja yang harus dilakukan seorang fresh graduate dalam rangka memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

1. Tentukan Jenis Pekerjaan Secara Spesifik

4 Tips Supaya Cepat Diterima Kerja Bagi Fresh Graduate

umg.ac.id

Tips cepat diterima kerja yang pertama adalah menentukan pekerjaan secara spesifik. Mencari kerja bukan untuk coba-coba atau kamu melakukan segalanya secara random. Langkah mudahnya adalah memahami kamu sebenarnya fresh graduate lulusan apa. Jika kamu lulusan akuntansi, kamu bisa melamar sebagai akuntan di perusahaan-perusahaan ternama. Kamu juga bisa melamar menjadi seorang guru apabila kamu lulusan dari jurusan Pendidikan Keguruan dan semacamnya. Intinya adalah sesuaikan dengan skill dan minat yang kamu miliki saat ini.

2. Cari Lowongan Kerja Yang Tersedia Di Internet

4 Tips Supaya Cepat Diterima Kerja Bagi Fresh Graduate 4

umg.ac.id

Tips cepat diterima kerja yang berikutnya adalah mencari kerja di internet. Di era global yang semakin canggih ini, kamu bisa mencari lowongan kerja dengan mudah karena semua yang kamu cari dan inginkan itu tersedia di internet. Jadi jangan cemas dan juga khawatir karena selalu ada ruang buatmu mendapatkan kerja. Ada banyak sekali lowongan kerja yang bisa kamu dapatkan di situs job seeker atau situs pencarian pekerjaan. Jadi jangan sampai kamu melewatkan kesempatan yang istimewa ini.

3. Minta Informasi Dari Rekan, Teman, Keluarga Orang Terdekat

4 Tips Supaya Cepat Diterima Kerja Bagi Fresh Graduate 4

umg.ac.id

Tips cepat diterima kerja yang ketiga adalah mendapatkan informasi dari keluarga, rekan, teman atau orang terdekat tentang lowongan kerja yang kamu inginkan. Apakah koneksi itu perlu? Realitanya iya. Pada dasarnya mereka akan memberikan kamu informasi jika ada lowongan kerja di perusahaan tertentu, apalagi jika perusahaan tersebut termasuk jenis perusahaan yang besar. Kamu akan bisa mendapatkan semuanya dengan mudah mengenai informasi yang diinginkan tersebut. Jadi tidak ada yang perlu kamu cemaskan lagi.

4. Perkaya Pengalaman Kerja Selagi Kuliah

4 Tips Supaya Cepat Diterima Kerja Bagi Fresh Graduate 4

umg.ac.id

Tips cepat diterima kerja yang paling tepat adalah memperkaya pengalaman selagi kuliah dengan baik. Pada dasarnya, hal ini akan bisa kamu terapkan dengan meluangkan waktu kuliah sebagian untuk mencari uang. Apabila kamu ingin memperkaya pengalaman dalam dunia kerja sembari kuliah, tentu yang harus dilakukan adalah dengan bekerja part time atau semacamnya. Untuk itu, jangan pernah melewatkan waktu yang kamu lalui selagi kuliah begitu saja. Jika ada kesempatan maka bekerjalah dan cari pengalaman sebaik mungkin. Karena waktu yang sudah berlalu tak akan bisa diulang lagi.

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.