Cara membagi waktu kuliah dan kerja terkadang tidak mudah dilakukan. Di sisi lain ada dua hal yang harus diprioritaskan di sini, yakni memilih kuliah atau bekerja. Tentu saja kedua hal tersebut akan bisa menjadi lebih baik jika dilakukan secara berirama. Dalam hal ini, kamu sendiri yang harus tahu bagaimana cara mengatur dua hal yang sangat penting ini. Terlebih lagi, kamu juga pastinya ingin kuliah lulus tepat waktu, tapi kamu juga ingin mendapatkan biaya tambahan dari pekerjaan yang dijalani saat ini. Dengan menerapkan cara membagi waktu kuliah dan kerja berikut ini, sudah pasti semua akan berjalan dengan baik dan tepat.

1. Pilih Pekerjaan Yang Fleksibel

4 Cara Membagi Waktu Dengan Baik Antara Kuliah Dan Kerja 4

umg.ac.id

Cara membagi waktu kuliah dan kerja yang tepat adalah memilih mana yang paling utama dan levelnya paling sulit. Dalam hal ini kuliah memiliki level yang sulit karena kamu harus menjaga nilai kuliah tetap bagus. Di sisi lain, kamu juga harus tahu bagaimana agar kuliah tersebut bisa berjalan dengan baik dan signifikan. Karena itu pilih pekerjaan yang fleksibel dan memudahkan kamu untuk tetap kuliah tanpa memberikan gangguan yang berarti, misalnya bekerja sebagai pengajar dimana kamu hanya perlu mengajar di waktu tertentu di sore hari atau malam hari saat semua mata kuliah sudah dijalani.

2. Membuat Schedule Kuliah Dan Kerja Secara Rapi

4 Cara Membagi Waktu Dengan Baik Antara Kuliah Dan Kerja 4

umg.ac.id

Cara membagi waktu kuliah dan kerja yang tepat adalah membuat schedule yang tepat didalamnya. Terkadang masalah timbul karena ada jadwal kuliah yang bentrok dengan pekerjaan kamu saat ini. Selalu upayakan untuk mencatat karena ini akan membuat kamu bisa mengatur jauh-jauh hari sebelumnya tentang rutinitas kuliah dan kerja yang sebaiknya dilakukan. Dengan memiliki schedule yang tertata dengan rapi, maka kamu pun akan bisa menemukan cara terbaik untuk bisa membagi waktu antar keduanya.

3. Pilih Pekerjaan Freelance Yang Tidak Membebani

4 Cara Membagi Waktu Dengan Baik Antara Kuliah Dan Kerja 2

umg.ac.id

Cara membagi waktu kuliah dan kerja yang tak kalah pentingnya adalah dengan memilih jenis pekerjaan yang bertipe freelance dan tidak membebani. Kenapa? Karena hal ini pada dasarnya memang sangat penting diterapkan. Dengan memilih pekerjaan freelance yang tidak membebani, sudah pasti hal tersebut akan bisa membuat kuliah tidak terganggu. Jangan sampai pekerjaan mengganggu masa-masa studi yang kamu lakukan. Jangan sampai masa depan dikorbankan.

4. Jaga Stamina Dan Kondisi Kesehatan

4 Cara Membagi Waktu Dengan Baik Antara Kuliah Dan Kerja 1

umg.ac.id

Cara membagi waktu kuliah dan kerja juga tidak luput dari manajemen kamu untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima. Tetaplah menjaga stamina dan kondisi kesehatan. Caranya adalah dengan minum vitamin, dan juga tidak telat makan. Hal ini secara tidak langsung menjadi sebuah cara membagi waktu kuliah dan kerja yang tak kalah pentingnya. Jangan sampai kesehatanmu dikorbankan hanya untuk pundi-pundi uang yang tak seberapa.

 

UMG mendidik generasi penerus bangsa untuk menjadi tenaga yang ahli di bidangnya, serta berguna bagi kesejahteraan ummat, bangsa dan negara.