Bimbingan skripsi menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan pada saat tugas akhir atau skripsi. Sayangnya banyak mahasiswa yang mengaku kesulitan untuk melakukan bimbingan ini. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah karena kamu sendiri mungkin kurang berusaha maksimal dalam mengejar dosen tersebut. Padahal bimbingan skripsi juga adalah sesuatu yang penting dan ini berkaitan langsung dengan kelulusan kuliah. Beberapa kampus ada yang mewajibkan mahasiswanya untuk hadir dalam bimbingan skripsi 8 – 10 pertemuan sebagai syarat untuk maju ke ujian skripsi. Lalu bagaimana cara mengatasi ini semua?

1. Ketahui Waktu Luang Dosenmu

5 Tips Supaya Tidak Kesulitan Ketemu Dosen Saat Bimbingan Skripsi

umg.ac.id

Bimbingan skripsi akan menjadi mudah terealisasikan saat kamu mengetahui kapan saja waktu luang dosenmu. Dengan demikian akan lebih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu akan bisa lebih mudah mengajak dosen terkait untuk mengatur schedule kapan sebaiknya melakukan bimbingan tersebut. Dengan demikian, kamu pun juga tidak akan tersulitkan oleh masalah yang satu ini.

2. Jangan Bimbingan Saat Jam Istirahat Dosen

5 Tips Supaya Tidak Kesulitan Ketemu Dosen Saat Bimbingan Skripsi

umg.ac.id

Bimbingan skripsi juga harus tahu waktu dan tempat. Kamu tidak boleh memaksakan dosenmu untuk melakukan bimbingan saat mereka sedang berada di jam istirahat. Hal ini secara tidak langsung akan sangat mengganggu waktu dosenmu untuk menyegarkan pikirannya. Jadi selalu utamakan untuk konsultasi tersebut dengan memilih jam yang tepat dan tidak bertabrakan dengan waktu istirahat dosen kamu itu.

3. Minta Nomor Kontak Yang Bisa Dihubungi

5 Tips Supaya Tidak Kesulitan Ketemu Dosen Saat Bimbingan Skripsi

umg.ac.id

Tanyakan pula kepada dosen terkait tentang nomor kontak mereka yang bisa dihubungi. Lakukan dengan sopan bahwa kamu ingin mendapatkan kontak mereka supaya lebih mudah melakukan bimbingan skripsi. Dengan menerapkan hal tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan didalamnya. Jangan hubungi dosen saat jam istirahat malam, atau ketika mereka sedang sibuk.

4. Pilih Tempat Terbaik Untuk Bimbingan Skripsi

5 Tips Supaya Tidak Kesulitan Ketemu Dosen Saat Bimbingan Skripsi

umg.ac.id

Bimbingan skripsi juga tak hanya dilakukan secara formal di ruang dosen kampus saja, tapi juga bisa kamu lakukan di tempat lain yang lebih nyaman, misalnya perpustakaan, taman luar dan dalam kampus, dan tempat lainnya. Ini akan memudahkan kamu untuk lebih semangat dalam menjalankan bimbingan skripsi tersebut bersama dosen terkait.

5. Jangan Pernah Membatalkan Janji Bimbingan Skripsi

5 Tips Supaya Tidak Kesulitan Ketemu Dosen Saat Bimbingan Skripsi

umg.ac.id

Ingat, kamu harus menghargai waktu yang sudah diluangkan oleh dosenmu. Kalau kamu sudah janji untuk bertemu dengan dosenmu di hari dan jam tertentu, kamu harus menepatinya apapun yang terjadi. Jangan sampai kamu menundanya karena alasan yang tidak masuk akal. Kamu harus tahu bagaimana jerih payah dosenmu yang sangat sibuk untuk meluangkan waktunya dalam memberikanmu bimbingan skripsi. Jadi hargailah upaya mereka tersebut. Ikuti waktu luang mereka, bukan mereka yang mengikuti waktu luang kamu.