Lulus dengan predikat cumlaude adalah impian para mahasiswa. Untuk bisa mencapai predikat tersebut, kamu harus berjuang 101% lebih dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Jika kamu bisa lulus dengan predikat yang sangat memuaskan ini, sudah pasti kamu akan mampu membuat orang tuamu bangga. Selain itu, beberapa perusahaan juga akan memberikan penilaian lebih terhadap CV-mu karena kamu termasuk mahasiswa dengan prestasi yang bagus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya bisa lulus dengan predikat cumlaude.

  1. Menunjukan Keaktifan Di Kelas

    Menunjukan Keaktifan Di Kelas

Salah satu cara yang paling optimal untuk bisa lulus dengan predikan cumlaude adalah memiliki nilai bagus di setiap mata kuliah yang dipilih. Karena itu, kamu harus menunjukan keaktifanmu di kelas agar dosen bisa mengetahui seberapa baik kemampuanmu dalam menyerap apa yang diterangkan. Kamu juga harus menonjolkan kepintaran dan inisiatif untuk menjawab berbagai soal dengan benar. Jika kamu bisa melakukannya dengan benar terus menerus, maka nilai yang sempurna akan bisa didapatkan.

  1. Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar

    Jangan Pernah Berhenti Untuk Belajar

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Kemampuanmu hanya akan berhenti di level itu-itu saja jika kamu berhenti untuk belajar. Jika sudah mendapatkan materi didalam kelas, pelajari lagi di rumah, atau di perpustakaan kampus. Dari sini kamu akan bisa semakin mendalami materi yang kamu pelajari. Kamu juga akan bisa me-refresh materi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya dari kampus.

  1. Saat Kamu Berhasil, Bersenang-Senanglah

    Saat Kamu Berhasil, Bersenang-Senanglah

Boleh bersenang-senang, tapi jangan terlalu larut. Jika kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus ataupun IPK yang memuaskan, maka bersenang-senanglah. Hal ini akan  membuat kamu lebih bersemangat lagi dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Kerjakan Tugas Dengan Baik Dan Persiapkan Diri Jelang Ujian Akhir

    Kerjakan Tugas Dengan Baik Dan Persiapkan Diri Jelang Ujian Akhir

Kerjakan tugas kuliahmu dengan baik, serta selalu persiapkan dirimu menjelang UAS atau UTS. Kenapa? Karena nilai ujian akhir memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan UAS tersebut bisa mencakup rata-rata nilai hingga 50% sampai 60% keseluruhan. Jadi selain aktif didalam kelas, kamu juga harus jago saat ujian akhir datang. Alhasil, nilai yang didapatkan pun juga maksimal dan kamu bisa meraih gelar cumlaude dengan sangat memuaskan.

  1. Jangan Bolos Kuliah

    Jangan Bolos Kuliah

Kehadiran juga menentukan sendiri penilaian yang dosen berikan kepadamu. Dosen pasti mengetahui siapa saja nama-nama mahasiswanya yang jarang hadir atau sering bolos kuliah. Bahkan ada yang tidak memberikan toleransi nilai jika kehadiran mahasiswanya kurang dai persentase tertentu. Karena itu, jangan pernah bolos kuliah dan selalu prioritaskan untuk hadir dalam kondisi apapun.  Jangan pula melakukan titip absen atau TA karena ini akan membuat namamu tercatat di pikiran dosen sebagai mahasiswa yang tidak disiplin dan tidak jujur.