Banyak sekali cara untuk mengisi waktu luang dengan sesuatu yang produktif bagi mahasiswa. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, sudah pasti banyak manfaat yang akan bisa didapatkan. Ini juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan soft skill yang dimiliki sebagai mahasiswa. Hal ini tentunya penting dalam rangka mempersiapkan diri terjun di dunia kerja atau di masyarakat saat lulus kuliah. Berikut adalah beberapa manfaat mengikuti organisasi mahasiswa yang bisa kamu dapatkan.

  1. Membangun Relasi Dengan Teman Baru Dari Berbagai Fakultas Dan Jurusan

    Membangun Relasi Dengan Teman Baru Dari Berbagai Fakultas Dan Jurusan

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah mendapatkan relasi tambahan yang tidak hanya satu jurusan saja, tapi beda jurusan, bahkan beda fakultas. Seperti yang diketahui bahwa hal ini sangat penting agar kamu bisa bisa mendapatkan banyak koneksi teman yang membantu kamu kelak di masa mendatang. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menjalin persahabatan yang akrab dengan mereka. Siapa tahu ada beberapa kesamaan dari segi hobi, kuliner, dan kegiatan edukasi yang sama-sama kalian sukai. Alhasil, kamu bisa mendapatkan relasi yang bisa saling sharing dan bertukar pikiran satu sama lain.

  1. Memperkaya Pengalaman Dan Wawasan

    Memperkaya Pengalaman Dan Wawasan

Manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh adalah memperkaya wawasan dan pengalaman satu sama lain. Kamu akan bertemu dengan banyak orang baru yang melakukan hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu lakukan, misalnya bakti sosial,  serta kegiatan kemanusiaan lainnya yang seru dilakukan. Ini juga akan menjadi nilai lebih buat CV-mu saat kelak melamar kerja.

  1. Mendapatkan Berbagai Info Lowongan Kerja Part Time Dan Full Time

    Mendapatkan Berbagai Info Lowongan Kerja Part Time Dan Full Time

Kegiatan kemahasiswaan juga bisa menjadi ajang buatmu untuk mendapatkan info mengenai lowongan kerja, mulai dari pengajar, penerjemah, pengisi acara, dan lain sebagainya. Semua itu bisa kamu pilih sendiri baik itu Part Time maupun Full Time. Jika memang kelak kamu mendapatkan pekerjaan sebagi pengisi waktu sambil kuliah, ingatlah untuk selalu memprioritaskan kuliah karena ini demi masa depanmu juga. Perusahaan-perusahaan besar yang akan kamu lamar di masa mendatang juga akan mempertanyakan jenjang pendidikanmu jika ternyata kamu lulus dalam waktu yang lama.

  1. Melatih Komunikasi Dan Kepercayaan Diri

    Melatih Komunikasi Dan Kepercayaan Diri

Hal lain yang bisa kamu dapatkan adalah melatih komunikasi dan kepercayaan diri. Di sini kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan banyak teman-teman mengenai apa saja project yang akan dilakukan, mulai dari pentas seni kampus, acara seminar, serta workshop bermuatan edukasi lainnya. Di sinilah kamu akan mendapatkan posisi tertentu yang tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

  1. Memperkuat Sense Of Leadership

    Memperkuat Sense Of Leadership

Sense of leadership adalah jiwa kepemimpinan yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Dengan mengikuti organisasi di kampus, kamu akan bisa memiliki jiwa leadership yang kuat, serta memupuk tanggung jawab kamu untuk menjalankan tugas sampai tuntas dan menghadapi semua tantangan yang ada di depan.