Tidak Sama, Inilah Perbedaan Hobi Dan Passion

Banyak orang yang menyamakan hobi dengan passion. Padahal dua hal tersebut benar-benar berbeda saatu sama lain. Banyak yang menyangka mereka punya passion, padahal yang dilakukan sebenarnya cuman hobi. Dengan mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut maka kamu akan bisa menentukan perkembangan karirmu di masa mendatang. Hal ini akan membuatmu lebih mudah meraih impian dengan cepat. Berikut adalah perbedaan signifikan antara hobi dan passion yang perlu kamu ketahui.

 

Hobi Harus Mengeluarkan Uang, Sedangkan Passion Tidak Perlu

Apa itu hobi? Hobi merupakan sesuatu yang kita sukai, dan terkadang kita harus mengeluarkan uang untuk melakukan hobi tersebut. Misalnya kamu suka dengan permainan futsal, kamu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat futsal, kemudian bermain bersama teman-temanmu. Kalau passion, kamu akan berlatih futsal dengan sangat tekun hingga menjadi pemain yang professional. Lalu kamu akan mengikuti berbagai kejuaraan dan menjadi pemain futsal handal untuk menghasilkan uang, inilah yang disebut dengan passion.

 

Hobi Pengaruhnya Untuk Diri Sendiri, Passion Dampaknya Untuk Banyak Orang

Hal yang membedakan antara hobi dan juga passion adalah dampak yang diberikannya. Kalau hobi, maka kamu hanya mendapatkan pengaruhnya untuk diri sendiri. Misal kamu hobi kuliner, lalu memposting kuliner atau jalan-jalan kamu tersebut di social media. Tujuannya adalah membagikan momen kesenangan kuliner kamu kepada orang lain. Beda dengan passion, kalau passion kamu akan mencicipi berbagai kuliner yang ada di seluruh tanah air, kemudian menjadi seorang pakar kuliner yang professional, serta mampu merekomendasikan tempat kuliner yang the best untuk banyak orang.

 

Hobi Hanyalah Untuk Obat Stress, Kalau Passion Kita Akan Menjiwai Bidang Tersebut

Perbedaan lainnya yakni hobi hanya dilakukan sebagai obat stress. Misal kamu hobi main game, atau hobi keluar jalan-jalan ke mall bersama teman-temanmu. Kalau passion, maka kamu akan benar-benar menjiwai bidang tersebut. Misalnya kamu hobi main game, kamu akan berusaha menjadi gamers yang handal dan mendapatkan uang ratusan juta dari berbagai kompetisi. Kamu juga bisa membuat berbagai macam walkthrough atau petunjuk permanan game tersebut, baik itu di social media, YouTube, dan lain sebagainya.

 

Hobi Bisa Berubah, Kalau Passion Akan Terus Ada

Hobi hanyalah sesuatu yang terkadang muncul, disukai, dan dilakukan karena trend yang sedang ada saat ini. Kalau trend tersebut sudah lewat, biasanya akan ditinggalkan. Sementara kalau passion, kamu akan tetap melakukannya sampai kapanpun meski zaman dan trend terus berganti, misalnya kamu punya passion dalam bidang bisnis, meskipun perubahan trend bisnis terus berubah, kamu akan tetap menjalankannya dalam kondisi dan situasi apapun. Atau misal kamu punya passion sebagai pengajar, kamu juga akan tetap memilih mengabdikan diri di dunia pendidikan meski banyak pekerjaan lain yang sebetulnya bisa dilakukan. Kenapa? Karena passion itu berasal dari hati dan tekad kuat yang dimiliki seseorang.